Home » » Profil Belotti 'Si Ayam jantan'

Profil Belotti 'Si Ayam jantan'

Profil Belotti 'Si Ayam jantan'

Mempunyai Julukan 'Si Ayam Jantan'. Julukan yang sejak kecil sampai sekarang melekat dalam diri Andrea Belotti. Pemain sepakbola kelahiran 20 Desember 1993 di Calcinate ini berposisi sebagai striker. Menjalani awal karir sepakbola di akademi Grumellese pada tahun 2003 sampai 2006. (Sekedar informasi, saat ini klub masa muda Belotti, Grumellese bermain di Serie D Liga Italia. Klub tersebut berdiri sejak 1952). Kemudian Belotti mencoba peruntungan karir sepakbolanya ke kota Bergamo. Sempat melakukan trial di Atalanta, namun gagal. Akhirnya diterima diklub tetangga dari Atalanta yaitu Albinoleffe. Kemudian Andrea Belotti dimasukkan ke tim junior Albinoleffe.

Bersama tim junior Albinoleffe, Belotti meraih gelar kejuaraan usia muda, Trofeo Dossena pada tahun 2012 dan menjadi top skor di klubnya dengan 13 gol. Karena prestasi tersebut, Belotti mendapatkan debutnya di tim senior pada musim berikutnya. Saat itu Albinoleffe bermain di Lega Pro Prima Divisione(). 'Si Ayam Jantan' mencetak 12 gol dari 31 pertandingannya dimusim debutnya yaitu musim 2011-12. 

Ada cerita unik saat di Albinoleffe. Waktu itu ada pesepakbola lain yang juga mempunyai nama Belotti. Namun Belotti yang lain bernama asli Mauro Belotti berposisi sebagai Bek. Untuk membedakan Belotti Striker dan Belotti Penyerang, Saat itu Belotti dipanggil rekan-rekan setimya 'Belottino'
Profil Belotti 'Si Ayam jantan'
Andrea Belotti saat di Albinoleffe
Sumber : bergamopost.it
Bersinar di Albioleffe, Belotti dilirik oleh Palermo. Pada transfer musim panas 2013, Albinoleffe menjual Belotti ke Palermo dengan cara dipinjamkan dulu dengan biaya 500.000 euro dan opsi pembelian sebesar 2,5 juta euro. Di Palermo, Andrea Belotti bermain selama 2 musim. Membawa Palermo promosi ke Serie A dimusim pertamanya dan mencetak 10 gol untuk klub asal sisilia tersebut. 

Musim kedua bersama Palermo, Belotti memulai debut di Serie A saat melawan Bari. Sekedar informasi, di Palermo, Belotti sempat berduet bersama Paulo Dybala. Pada musim tersebut, secara total Belotti bermain sebanyak 34 pertandingan untuk Palermo di semua kompetisi dengan mencetak 5 gol. Klubnya Palermo finish di peringkat 11 kompetisi Serie A.

Profil Belotti 'Si Ayam jantan'
Belotti di Palermo
Sumber : zimbio.com
Penampilan bersama Palermo membuat Torino terkesan. Pada Agustus 2015, secara resmi Torino mendatangkan Belotti dengan biaya sebesar 7,5 juta euro. Di Torino, Belotti mendapat nomor punggung 9. Gol pertamanya bersama Torino dicetak saat menang 2-0 melawan Bologna. Belotti juga sempat mematahkan rekor tidak kebobolan terlama Buffon bersama Juventus. Belotti mencetak 1 gol ke gawang Juve, namun saat itu Torino dipaksa menyerah 1-4. Diakhir musim, Belotti total mencatak 12 gol dari 36 pertandingan disemua kompetisi.

Musim kedua bersama Torino, Belotti semakin hebat. Pada pekan pertama Serie A, Belotti langsung membuka keran golnya saat mencatat 2 gol ke gawang Milan. Bahkan dipertandingan tersebut, Belotti hampir mencetak hattrick andai tendangan penaltinya tidak diamankan oleh Donnarumma. Hattrick Belotti bersama Torino baru benar-benar terjadi saat bertanding melawan Bologna pada pekan ke 2. Saat itu Belotti membawa Torino meraih kemenangan 5-1. Penampilan cemerlangnya berlanjut sampai pertengahan musim. Pada Desember 2016, Torino memperbarui kontraknya hingga 2021 dengan klausul pelepasan mencapai 100 juta euro. Diakhir musim, Belotti mencatat 26 gol dari 35 penampilannya di serie A dan 2 gol dari 3 kali tampil di Coppa Italia.  
Profil Belotti 'Si Ayam jantan'
Belotti di Torino
Sumber : skysports.com

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.